Friday, 4 September 2015

Tips memulai Usaha Dari Nol & Pasti Sukses

Mempunyai usaha sendiri dari nol hingga menuai kesuksesan merupakan keinginan dan impian banyak orang. Suatu hal yang sangat membanggakan dan membahagiakan ketika kita bisa merintis usaha kita sendiri dari nol dan berkembang menjadi kesuksesan. Lalu pertanyaannya bagaimana cara memulai usaha baru dari bawah? Banyak hal yang mungkin terlalu ribet jika anda hanya membayangkannya saja, tanpa melakukan suatu tindakan nyata, sebenarnyanya cara untuk memulai usaha sangatlah mudah. Yang anda butuhkan hanya dengan mempunyai impian.

Karena dengan impian kita dapat menciptakan ide usaha yang luar biasa, hingga akhirnya ide usaha tersebut direalisasikan menjadi sebuah peluang usaha baru yang menguntungkan. Setelah anda memiliki ide memulai usaha apapun itu anda sudah memiliki satu langkah menggapai kesuksesan, kesuksesan yang menunggu anda selanjutnya adalah bagaiamana anda merealisasikan bisnis atau usaha yang anda jalankan dengan beberapa langkah proses yang mesti dilakukan. Berikut adalah beberapa tips & cara memulai usaha dari nol.

Tips memulai Usaha Dari Nol & Pasti Sukses


Tips memulai Usaha Dari Nol & Pasti Sukses

Menentukan Ide Bisnis
Anda harus memulai dengan memiliki ide bisnis atau usaha yang akan anda jalankan. Pikirkan dengan matang dan teliti namun jangan sampai anda takut untuk memulainya dengan membayangkan hambatan yang mungkin dilalui. Ide usaha bisa berupa apa saja, namun saya sarankan anda memilih ide usaha sesuai dengan keampuan atau bakat yang anda miliki. Jangan takut anda memiliki ide usaha yang menurut sebagian orang atau bahkan anda sendiri usaha itu hanya sepele dan tidak menghasilkan.

Usaha apapun itu tergantung proses anda menjalankannya biarpun itu usaha yang dipandang sebelah mata bisa sangat menghasilkan kesuksesan yang luar biasa. Sebagai motivasi anda lihatlah Bob Sadino seorang yang super kaya di Indonesia dulunya hanya memiliki ide usaha menjual telur di pasar, tapi lihatlah sekarang dia memiliki peternakan ayam petelur jutaan ekor dengan omzet miliaran perbulan. Atau anda coba pikir tahun 2004 ketika facebook pertama kali diluncurkan orang akan menganggap apa sih keuntungan facebook website tanpa potensi yang menguntungkan sama sekali tetapi lewat proses yang dilakukan mark zuckerberg dan beberapa temannya sekarang ini Facebook menjadi situs web media sosial terbesar di dunia, perlu anda ketahui saja dari Facebook ini saja Mark sekarang memiliki kekayaan sekitar lebih dari 500 triliun dan akan terus meningkat. angka yang fantastis, untuk itulah jangan menganggap ide usaha anda tidak memiliki potensi, semua usaha memiliki potensi tinggal anda melalui prosesnya dengan keunikan tersendiri dan terpenting anda memiliki ide usaha.

Ciptakan visi dan misi usaha
Sebuah usaha harus mempunyai visi dan misi yang jelas, sehingga tujuan dan langkah usaha tersebut dapat terstruktur dengan baik untuk menunjang pengembangan usaha yang dibangun. Nah disinilah visi dan misi penting diperlukan untuk menunjang kesuksesan ide usaha anda. Buatlah visi dan misi ide usaha anda dengan matang, jelas dan terstruktur dengan baik.

Take  action
Sebaik apapun ide usaha yang kita punya, tidak akan pernah menjadi usaha yang sukses jika kita tidak segera bertindak. Mulailah usaha yang kita rencanakan dengan penuh keyakinan dan ketekunan, karena menjalankan sebuah usaha hingga mencapai kesuksesan membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang dengan kerja keras yang harus dijalankan. Ibarat anda memiliki sepetak sawah dan anda memiliki cangkul sedang di impian anda memimpikan memiliki kebun tomat, jika anda cuma diam saja hanya membayangkan tomat anda akan tumbuh dan berbuah dengan sendirinya itu adalah hal yang mustahil terjadi, anda harus bertindak untuk mewujudkan ide usaha yang anda miliki.

Selalu belajar dan lakukan pengamatan
Langakah selanjutnya yang penting adalah dengan selalu belajar dan lakukan pengamatan. Amati pengusaha yang telah sukses dengan bidang yang sama, bila usaha kita tergolong baru amatilah strategi manajemen yang mereka gunakan. Hal penting lainnya yaitu perdalam pengetahuan mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan, agar produk kita bisa lebih inovatif. Jika anda bertindak sendiri sesuai keinginan anda dan menganggap cara anda lebih benar tanpa mempertimbangkan referensi bisnis yang anda dapatkan maka usaha anda kemungkinan akan gagal.

Hadapi hambatan dan kegagalan
Saya ingat kata para pebisnis yang sukses saya temui mereka menceritakan ada kisah dimana ada seorang penambang emas harus menggali sedalam ratusan meter di kedalaman tanah untuk mendapatkan emas, penambang tersebut yakin akan mendapatkan emas dari kedalaman tersebut, namun setelah beberapa kali ia mematahkan cangkul dan mendapatkan banyak batuan keras ynag ia temukan ia menyerah dan tidak melanjutkan penggaliannya.

Seorang yang berpengalaman karena beberapa kali mengalami kegagalan namun ia terus mencoba akhirnya meneruskan penggalian emas tersebut, ia hafal jika ia terus menggali dan terus berusaha ia akan mendapatkan apa yang ia impikan, benar saja baru satu meter menggali di bawah batu keras yang membuat penggali emas pertama berhenti melakukan pekerjaannya ternyata ada bongkah emas yang ia temukan. penggali emas pertama menyesal ia telah menggali puluhan meter di kedalaman tanah dan ia menghentikan pekerjaannya padahal emas yang ia impikan tinggal sejengkal lagi ia dapatkan namun ia berhenti karena hambatan dan ia gagal. untuk itulah anda harus memiliki motivasi apapun hambatan yang datang pikirkan dalam benak anda bahwa dibelakang hambatan tersebut impian anda akan anda temukan. 

Membangun sebuah usaha hingga sukses tidaklah mudah, adanya hambatan serta resiko kegagalan hampir selalu membayangi setiap usaha. Untuk itu sebaiknya kita harus selalu berpikiran positif terhadap hambatan serta kegagalan yang ada, karena dalam tiap kesulitan akan ada kemudahan jika kita mau bekerja keras. Tanpa kita sadari, dalam keadaan terdesak kreativitas seseorang akan meningkat untuk mencari solusi dari masalah yang ada. Oleh karena itu, hadapi serta nikmati hambatan usaha karena akan menguatkan mental usaha kita dan menambah kemampuan kita dalam membangun usaha. 

Kunci kesuksesan memulai usaha adalah berani menjadikan mimpi kita menjadi ide bisnis yang nyata. Jangan pernah takut gagal dalam memulai bisnis, karena setiap kegagalan akan memberikan pelajaran berharga bagi langkah bisnis Anda